Arsitektur Masjid Tua Katangka Dibangun di Pangkep

Pangkajene, Sulsel - Konsep arsitektur masjid tua Katangka dibangun di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkep (Pangkajene Kepulauan), Sulawesi Selatan. Anggaran pembangunan masjid dengan tipikal masjid tertua di Sulsel itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat melakukan safari ramadan di Pangkajene, Minggu. "Saya titipkan masjid ini, mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," ungkap Gubernur.

Sesuai dengan Rencana Anggaran Pembangunan (RAB), masjid itu senilai Rp333 juta dan diharapkan pembangunannya dapat rampung selama 3 bulan ke depan. Selain di Pangkep, pembangunan masjid serupa dengan nilai bantuan yang sama juga rencananya akan dibangun di 23 kabupaten/kota lainnya di Sulsel. Pada tahap pertama tahun ini, Gubernur telah menyiapkan sebanyak 11 titik seperti Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng, Pangkep, Selayar, Luwu Utara, Bulukumba, Tana Toraja, dan Barru.

Bangunan Masjid berukuran 11x11 meter dengan empat menara itu tidak akan menggunakan AC, melainkan memanfaatkan desain tata ruang udara. Gubernur Sulsel juga meminta aparat camat dan kepala desa setempat membantu menciptakan lingkungan yang sehat dan sejuk dengan menyiapkan ruang terbuka hijau di sekitar areal masjid.

Daerah Kepulauan Pangkep merupakan daerah ketiga setelah kota Makassar dan Barru yang telah memperoleh bantuan langsung pembangunan masjid berciri Sulsel dari pemerintah Provinsi Sulsel. Dalam kesempatan sama, Gubernur Sulsel juga melantik pengurus Dzikir `Syahrul Mubarak` di Kabupaten Pangkep yang juga akan di bentuk bersamaan dengan pemberian bantuan pembangunan masjid di 23 kabupaten/kota lainnya di Sulsel.

Masjid Katangka yang terletak di Kabupaten Gowa, dibangun oleh Sultan Alaudin, Raja Kerajaan Gowa yang pertama memeluk agama Islam di awal abad ke 16. Masjid ini semula berada di dalam komplek benteng Kerajaan Gowa sebagai tempat raja dan pengawalnya untuk melaksanakan sholat dan pertemuan lainnya. Ketebalan dinding masjid ini mencapai 120 centimeter yang terbuat dari batu kali yang kokoh. (ant/taq)

-

Arsip Blog

Recent Posts