Penobatan Duta Wisata Aceh Tahun 2009

Banda Aceh, NAD - Harris Siddiq dari Lhokseumawe dan Vivi Anggraini dari Aceh Utara dinobatkan menjadi Duta Wisata Aceh Tahun 2009, setelah menyisihkan 34 peserta dari berbagai kabupaten/kota. Di babak tiga besar, Harris dan Vivi menyisihkan dua pasangan lainnya setelah meraih nilai tertinggi dari sejumlah materi yang diberikan tim juri. Keduanya dinobatkan sebagai Duta Wisata Aceh Tahun 2009 oleh Wagub Muhammad Nazar di Taman Budaya Aceh (TBA), tadi malam.

Dalam sambutannya, Wagub menyatakan acara ini merupakan inisiatif yang sangat strategis dan konstruktif, di mana saat ini Pemerintah Aceh juga sedang melakukan upaya membangun citra (image) Aceh melalui berbagai kegiatan dalam mensosialisasi kondisi damai Aceh pasca konflik dan tsunami. "Acara ini juga menjadi wahana penting untuk mempromosi Aceh, khususnya keunggulan dan daya tarik pariwisata daerah kepada masyarakat di luar Aceh, sekaligus membangun kesadaran generasi muda Aceh untuk terus menjaga dan melestarikan budaya asli daerah," papar M. Nazar.

Duta Wisata Aceh, kata dia, memiliki peran dan posisi strategis sebagai ujung tombak, sekaligus memiliki kemampuan mengemban fungsi advertensi dan jiwa marketing dalam menyebarluaskan pesona pariwisata dan sejarah Aceh kepada seluruh masyarakat di nusantara dan mancanegara. Karena itu, para Duta Wisata Aceh harus terus membekali diri dengan berbagai kapasitas, serta penguasaan kebudayaan dari suatu daerah tujuan wisata.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Drs. H. Mirzan Fuadi, MM, menyebutkan, lomba Duta Wisata Aceh Tahun 2009 ini diikuti 36 peserta dari 18 kabupaten/kota di Aceh. Sedangkan materi yang diuji meliputi kebudayaan, pariwisata, Bahasa Inggris, penampilan/pengembangan kepribadian, pengetahuan umum (sosial politik, agama, presentasi, dan atraksi). (dat05/waspada)

Sumber: http://www.waspada.co.id 17 Juli 2009
-

Arsip Blog

Recent Posts