Lestarikan Budaya, Gelar Pesta Rakyat

Baturaja, Sumsel - Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) OKU mempunyai cara tersendiri untuk menarik wisatawan. Bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan Semidang Aji mereka menggelar pesta rakyat di kompleks Gua Puteri, Desa Padang Bindu, Kecamatan Semidang Aji, OKU, Kamis (1/1). ”Pelbagai acara kami gelar pada pesta rakyat tersebut,” kata Kepala Disporabudpar OKU, Aufa S Sarkomi, melalui Kepala Tata Usaha UPTD Museum Si Pahit Lidah dan Gua Puteri, Riswan Dinata, Kamis (1/1).

Kegiatan yang digelar di antaranya, lomba rebana, kemah saka pariwisata sekaligus giat pramuka membantu pelaksanaan pesta rakyat. ”Kegiatan ini untuk melestarikan budaya yang telah pudar. Serta memberikan pemahaman pada generasi muda terhadap kecintaan dan melestarikan budaya,” lanjutnya.

Puncak pesta rakyat juga menghadirkan panggung hiburan rakyat, dengan menghadirkan artis Rika AFI. ”Acara ini sekaligus menyerahkan penghargaan Adhikarya Pariwisata juara 1 tingkat Sumsel dan trofi rebanah tingkat kecamatan,” tambahnya.

Disinggung jumlah pengunjung pada libur Tahun Baru 2015, menurut Riswan, ada sekitar 8 ribu orang datang ke Gua Puteri. Baik dari Kabupaten OKU maupun luar OKU. ”Tapi yang masuk memakai tiket hanya sekitar 4.600 orang. Karena banyak undangan,” pungkasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts