Taman Waruga, Situs Wisata dari Era Megalitik

Dalam pelajaran sejarah, Anda tentu pernah mendengar istilah waruga. Ya, waruga adalah batu sarkofagus yang digunakan oleh suku-suku Minahasa sebagai tempat menaruh orang mati. Anda bisa menemukan Taman Waruga di Desa Sawangan dan di Kecamatan Airmadidi saat ke Manado.

Situs Waruga terletak sekitar 40 kilometer dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Untuk mencapai lokasi ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau taksi dari Manado. Perjalanan akan memakan waktu kurang dari satu jam.

Ada 144 "dotu" atau marga berkumpul di Taman Waruga di Sawangan. Lokasi asli sebelumnya tersebar di seluruh beberapa desa di Kabupaten Minahasa, namun kini telah dikumpulkan di kompleks waruga di Sawangan dan Airmadidi.

Di pintu masuk ke taman, Anda dapat melihat relief-relief pada dinding kanan dan kiri. Relief ini menunjukkan proses bagaimana pada zaman kuno waruga dibuat.

Sedangkan di Museum Waruga yang terletak tepat di samping pintu masuk ke situs, Anda akan menemukan artefak yang ditemukan di dalam kubur. Museum ini menampilkan pameran emas, gelang dari perak dan tembaga, kalung, cincin, anting, piring dan pot.

Di lokasi pemakaman ini, Anda bisa berkeliling untuk mengeksplorasi setiap sudutnya. Pintu gerbang selalu dikunci oleh penjaga waruga yang tinggal di dekat lokasi dan cara terbaik untuk mengunjungi situs ini antara pukul 8.00-18.00 WITA .

Berdasarkan kepercayaan lokal, waruga terbuat dari batu berukir yang berbentuk seperti rumah sebagai tradisi yang disimpan sejak 1600AD. Kuburan-kuburan ini bervariasi, tergantung pada profesi atau status sosial dari orang yang dikubur.

Waruga tidak digali ke dalam tanah tetapi berdiri di atas tanah dengan lebar 1 meter dan panjang 1-2 meter. Sarkofagus ini berisi tubuh dalam posisi berjongkok dan ditutupi oleh batu yang menyerupai atap rumah.

Karena ini adalah warisan penting yang berasal dari era megalitik, beberapa kepala negara pernah datang berkunjung, di antaranya ialah Ratu Jualiana dan Pangeran Bernard, serta Ratu Beatrix dari Belanda dan banyak lagi.

Melihat orang-orang penting yang pernah mengunjungi situs ini, nampaknya Taman Waruga merupakan lokasi wisata yang tepat ketika berlibur ke Manado.(*/X-12)

-

Arsip Blog

Recent Posts