Kunjungan Wisman dari Empat Negara ke Bali Turun

Denpasar, Bali - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dari empat negara pasar potensial mengalami penurunan ke Bali. Keempat negara tersebut yakni Jepang, Malaysia, Korea Selatan, dan Prancis.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Ida Bagus Kade Subhiksu menyebutkan, penurunan terbesar terjadi pada kunjungan wisatawan asal Jepang yakni sebesar 23,10%, disusul Korea Selatan yang menurun 3,52%, Malaysia 2,09%, dan kunjungan wisatawan Prancis turun 1,63%.

Menurutnya, kunjungan wisatawan asal Jepang pada periode Januari-Juli 2009 mencapai 186.029 orang, namun pada periode yang sama tahun ini hanya 143.060 orang. Begitu juga wisatawan asal Malaysia yang pada tahun lalu tercatat 83.809 orang, tapi pada tahun ini hanya tercapai 82.059 orang.

Menurut Subhiksu, penurunan kunjungan wisatawan dari empat negara pasar potensial tersebut terjadi akibat sejumlah faktor. Antara lain, kondisi perekonomian di negara asal wisatawan yang belum pulih dan faktor lain yang ada di Bali, misalnya kasus-kasus konflik, rabies, dan kekurangamanan Bali.

Meski ada penurunan kunjungan dari empat negara pasar potensial, sebaliknya ada peningkatan kunjungan dari lima negara pasar potensial, yakni Australia, Taiwan, Inggris, Singapura, dan Belanda. (RS/OL-01)

-

Arsip Blog

Recent Posts