Kenduri Seni Melayu Tampilkan Atraksi Seni dari Bali

Batam, Kepulauan Riau - Perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) tinggal dua malam lagi. Even ini mendapat sambutan hangat warga Batam karena sudah menjadi even tahunan untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota ini.

Pada malam ini sejumlah sanggar seni akan tampil menghibur pengunjung. Sanggar yang akan tampil itu adalah Sanggar Bang Sinebu dari Batam, pertunjukan seni dari Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sanggar Pelajar Mutiara Batam, dan pertunjukan seni dari Bali.

“Kegiatan akan dimulai dari jam 8-10 malam,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemko Batam, Guntur Sakti S.Sos, beberapa waktu lalu.

Untuk menonton KSM ini sangat mudah karena digelar di lapangan terbuka Datara Engku Puteri depan Kantor Wali Kota Batam di Batam Centre. Siapa pun bisa menonton acara ini dengan gratis.

Acara yang telah menjadi agenda rutin di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini akan berlangsung hingga Rabu (16/12). Kegiatan ini menampilkan berbagai bentuk kesenian Melayu dan nusantara dari berbagai daerah dan negara rumpun Melayu.

Guntur Sakti juga mengatakan, agenda ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-180 Kota Batam dan mendukung Visit Batam 2010. “Dalam event ini kami akan menampilkan ragam seni budaya Melayu dalam bentuk pementasan dan expo cluster. Nanti juga akan ditampilkan pentas seni budaya dari masing-masing daerah di Indonesia,” kata dia.

Sebanyak tujuh provinsi sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir mengisi acara. Bagi provinsi yang berhalangan hadir maka pentas seni akan diisi oleh paguyuban yang ada di Kota Batam.

Yang menarik pada penyelenggaraan KSM tahun ini dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena akan dibuat cluster khazanah budaya Melayu dalam tenda berukuran besar. Di sana akan ditampilkan kue tradisional, masakan Melayu, perkakas rumah tangga Melayu, senjata tradisional Melayu, dan sejarah serta karya sastra lisan dan tulisan Melayu.

Event KSM ini juga dimeriahkan dengan Batam Big Bazar (BBB) yang dibuka pada hari yang sama dan berlangsung selama sembilan hari berturut-turut hingga 20 Desember nanti. Pada stand-stand ini akan dijual berbagai produk dan mulai dibuka dari pukul 16.00-23.00 WIB.

Stand ini berlokasi di depan kantor PT PLN sampai ke Jalan Engku Putri. Masih dalam rangkaian acara KSM ini, juga akan digelar bincang tokoh Noeng Isa di televisi lokal di Kota Batam. Adapun yang menjadi narasumber dalam bincang tokoh tersebut, Wali Kota Ahmad Dahlan, sejarawan Aswandi Syahri, mantan Ketua Pansus Hari Jadi Kota Batam, Irwansyah, dan mantan Wali Kota Batam Nyat Kadir. Bertindak sebagai moderator yakni seniman Samson Rambah Pasir. (anton/*/rud)

-

Arsip Blog

Recent Posts