Industri Pariwisata Butuh Kecukupan Listrik

Manado, Sulawesi Utara - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulut, FD Rotinsulu berharap pasokan listrik mencukupi kebutuhan untuk menunjang sektor pariwisata Sulawesi Utara karena daerah ini akan menggelar sejumlah ivent MICE seperti diving internasional dan miss earth yang bakal diikuti peserta dari 90 negara.

Tenaga listrik sangat dibutuhkan untuk industri pariwisata seperti hotel, restoran dan objek-objek wisata yang tersebar di wilayah Sulut. Menurutnya lagi, tahun 2008 industri pariwisata daerah ini memberikan kontribusi PAD sebesar Rp 1,6 triliun dan hingga Juni 2009 ini sudah mencapai sekitar Rp 556 miliar.

Selain Lahendong dan Tompaso, Disparbud meminta pihak PLN mengusahakan mencari sumber energi baru agar Sulut terhindar dari krisis listrik yang secara otomatis bisa menghidupkan industri pariwisata daerah ini.

Diharapkan industri pariwisata Sulut bisa berkembang seiring dengan sukses penyelenggaraan ivent Sail Bunaken dan rencana penyelenggaraan beberapa ivent bertaraf internasional lainnya. (JRY)

-

Arsip Blog

Recent Posts