Depbudpar Promosi Wisata Online

Jakarta - Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) melakukan promosi secara online untuk mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia hingga akhir 2009.

"Promosi melalui online ini kami lakukan dengan berbagai cara diantaranya dengan website," kata Direktur Sarana Promosi Depbudpar Esthy Reko Astuti di Jakarta, Rabu (10/12).

Ia mengatakan, promosi online efektif sebagai upaya memasarkan produk wisata menjelang tutup tahun. Selain relatif ekonomis, kata dia, promosi online dapat disasarkan kepada konsumen yang lebih luas. "Untuk saat ini kami membidik pasar komunitas dunia maya, itu yang kami maksimalkan, yakni online komunitas," katanya.

Ia menambahkan, secara anggaran pada dasarnya semua program Depbudpar telah rampung. Namun, pemasaran melalui online bisa dilakukan secara terus-menerus untuk menjaring pasar sebagai upaya investasi jangka menengah maupun panjang.

Pihaknya menerapkan sejumlah promosi online di antaranya menawarkan isi bagi website organisasi yang terkait dengan Indonesia.

Di samping itu, pihaknya terus memperbaharui online pemasaran yakni www.indonesia.travel, serta memasang iklan promosi online pariwisata di sejumlah situs yang paling sering dikunjungi wisman.

"Kami promosi iklan on-line pariwisata di beberapa situs baik lokal maupun internasional yang paling sering dikunjungi," katanya.

Sebelumnya, Depbudpar memperkirakan jumlah kunjungan wisman sampai akhir 2009 diperkirakan tidak mampu mencapai target tinggi yakni 6,5 juta orang.

Jumlah wisman hingga tutup tahun 2009 diperkirakan hanya akan mencapai 6,4 juta orang. Namun, Depbudpar menegaskan Indonesia termasuk salah satu dari sedikit negara yang mengalami pertumbuhan positif dalam sektor pariwisata.(Ant/Ol-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts