Tari Saman Selalu Memukau Dunia Barat

Jakarta - Tarian dari Nanggroe Aceh Darussalam, Saman, selalu menjadi andalan para pekerja seni Indonesia yang tampil di arena internasional. Seperti saat Saman kembali diperagakan oleh personil Kelompok Paduan Angklung SMA 3 Bandung di Slovenia baru-baru ini.

2.500 penonton yang hadir pada Pembukaan Festival Lent yang berlangsung di Maribor, Slovenia pada 29 Juni 2010 tak berkedip menyaksikan gerakan rancak 37 pemain Saman. Kecepatan dan ketepatan gerakan yang dinamis dari Saman memang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Eropa.

Penampilan tarian Saman dalam Festival tersebut merupakan bagian dari rangkaian tour Eropa 2010 di Slovenia, Austria dan Spanyol.

Para penari Saman ini akan berpartisipasi dalam Festival selama satu minggu penuh dari tanggal 29 Juni sampai dengan 3 Juli 2010. Penampilan Kelompok Paduan Angklung SMAN 3 Bandung ini adalah atas undangan Penyelenggara Festival Lent 2010 dan merupakan kesempatan mereka untuk pertama kalinya tampil di Slovenia, salah satu negara bekas Yugoslavia yang baru merdeka
pada 1991.

Festival Lent sendiri merupakan pameran terbesar di Slovenia dan merupakan program tahunan di kota Maribor yang berlangsung setiap musim panas. Festival ini merupakan rangkaian berbagai macam kegiatan antara lain bazaar kuliner, pameran seni, olah raga, serta pertunjukan seni dan musik rakyat.

Selain menampilkan kesenian setempat, acara itu juga menampilkan kesenian tradisional dari berbagai belahan dunia dengan mendatangkan seniman dari negara asalnya. Misalnya saja, Indonesia, Hongaria, Bosnia Herzegovina,
Philipina, Macedonia, dan Selandia Baru.

Namun dengan Saman, tampaknya Indonesia menjadi paling diminati diantara kesenian dari negara lainnya.

Setelah dari Slovenia, KPA SMA 3 Bandung yang tak hanya mahir menampilkan Saman ini- tetapi juga berbagai tarian dan musik tradisional- akan beraksi di Austria. Kelompok ini akan mengikuti Summa Cum Laude International Youth Music Festival Vienna yang berlangsung dari tanggal 3 s/d 7 Juli 2010 di Wina. (Hanum Salsabiela Rais)

-

Arsip Blog

Recent Posts