Gunungkidul Andalkan Paket Wisata Minat Khusus

Wonosari, Yogyakarta - Paket wisata minat khusus akan menjadi salah satu andalan penjualan objek wisata Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada 2010.

"Meski termasuk objek wisata unggulan, kawasan 'karst' di kabupaten ini belum banyak dikunjungi wisatawan. Oleh karena itu, kawasan batu kapur dan gua kapur di Gunungkidul akan dipromosikan kepada wisatawan nusantara maupun mancanegara dengan sistem paket wisata," kata Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Gunungkidul Birowo Adhie di Wonosari, Selasa (15/12).

Ia mengatakan, Kabupaten Gunungkidul memiliki pantai dan gua yang keindahannya sulit ditandingi objek wisata lain di DIY, namun keindahan alamnya belum bisa menarik kunjungan wisatawan karena adanya kendala.

"Kendala yang menjadi penghambat kemajuan pariwisata di antaranya faktor jarak yang jauh dari pusat kota, kurangnya pasokan listrik, air bersih, dan minimnya fasilitas pendukung pariwisata seperti lapangan parkir dan promosi wisata," katanya.

Jika dibandingkan dengan pantai lain DIY, katanya, sejumlah pantai di Gunungkidul jauh lebih indah karena keadaannya yang masih alami dan didukung keindahan alam yang memesona.

Menurut Birowo, selama ini sudah ada wisata minat khusus berupa panjat tebing di Pantai Siung, wisata susur Gua Kalisuci, dan Gua Seropan, Gunungkidul.

"Dinas Pariwisata akan mencoba menarik wisatawan yang tertarik dengan keindahan alam pantai dan kawasan 'karst' dengan menawarkan paket wisata, karena banyak kawasan alam yang indah di Gunungkidul belum dikenal masyarakat luas," katanya.

Menurut dia, Dinas Pariwisata optimistis pengembangan kawasan "karst" sebagai objek wisata andalan mampu menumbuhkan perekonomian daerah. Kawasan batu kapur di Gunungkidul masih alami, sehingga akan menjadi kawasan wisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

Dengan paket wisata, katanya, maka wisatawan akan mengunjungi sejumlah objek wisata pantai, gua, kawasan "karst", dan menikmati keindahan desa wisata.

"Pengembangan wisata minat khusus bergantung potensi alam yang dimiliki masing-masing kawasan. Potensi gua kapur di Gunungkidul memiliki prospek cerah untuk dikembangkan menjadi objek wisata andalan," katanya.

Ia mengatakan, sumber daya alam Gunungkidul yang beragam, memiliki keunikan, dan nilai ilmiah tinggi potensial untuk dikembangkan menjadi wisata minat khusus. (Ant/Ol-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts