Tujuh Provinsi Pastikan Ikut KSM

Batam, Kepulauan Riau - Acara Kenduri Seni Melayu (KSM) akan digelar di Dataran Engku Putri dari hari Sabtu (12/12) hingga Rabu (16/12). Acara yang telah menjadi agenda rutin Dinas Paariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam ini akan menampilkan berbagai bentuk kesenian Melayu dan Nusantara serta negara Rumpun Melayu.

Sebanyak tujuh provinsi di Indonesia sudah menyatakan kesiapannya untuk hadir mengisi acara yang bakal dibuka Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan tersebut. Bagi provinsi yang berhalangan hadir, pentas seni akan diisi oleh paguyuban yang ada di Kota Batam.

”Dalam event ini kita akan menampilkan ragam seni budaya Melayu dalam bentuk pementasan dan expo cluster. Nanti juga akan ditampilkan pentas seni budaya dari masing-masing daerah di Indonesia. Acara dibuka mulai pukul 19.30-23.00 WIB,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Guntur Sakti dalam rilisnya kemarin. Guntur menambahkan agenda ini merupakan rangkaian Hari Jadi Kota Batam ke-180 tahun dan mendukung Visit Batam 2010.

Penyelenggaraan KSM tahun ini, menurut Guntur berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, akan dibuat cluster khazanah budaya Melayu dalam tenda berukuran besar. Di sana akan ditampilkan kontens kue tradisional, masakan Melayu, perkakas rumah tangga Melayu, senjata tradisional Melayu, sejarah, serta karya sastra lisan dan tulisan Melayu.

Event KSM ini juga dimeriahkan dengan Batam Big Bazar (BBB) yang dibuka pada hari yang sama dan berlangsung selama sembilan hari berturut-turut. Pada stand-stand ini akan dijual berbagai produk dan mulai dibuka dari pukul 16.00-23.00 WIB.

Stand berlokasi di depan kantor PLN Batam Centre sampai ke Jalan Engku Putri. Masih dalam rangkaian acara KSM ini, juga akan digelar bincang tokoh Noeng Isa di televisi lokal di Kota Batam. Adapun yang menjadi narasumber dalam bincang tokoh tersebut, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, mantan Ketua Pansus Hari Jadi Kota Batam Aswandi Syahri, Irwansyah, dan Nyat Kadir. Bertindak sebagai moderator, Samson Rambah Pasir. (prs)

-

Arsip Blog

Recent Posts