Wisatawan Asing dan Nasional ke Kaltim Capai 80 Persen Target

Samarinda, Kalimantan Timur – Kaltim mulai dilirik menjadi salah satu tujuan wisata nasional. Pasalnya, dari target 25 ribu wisatawan mancanegara dan 1,5 juta wisatawan lokal, diklaim Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Firminus Kunnum 80 persen telah tercapai. “Kalau dari target, saya kira sudah 80 persen tercapai. Dengan segala keterbatasan, Kaltim mulai menjadi salah satu kawasan wisata yang diminati.” kata Kunnum.

Target pada 2009 ini memang meningkat dari 2008. Pada 2008, target wisatawan asing hanya 20 ribu sementara wisatawan lokal 750 ribu. Di tahun 2009 target itu ditingkatkan menjadi 25 ribu wisatawan mancanegara dan 1,5 juta wisatawan lokal. Bila 80 persennya diklaim sudah tercapai, berarti sekitar 20 ribu wisatawan asing dan 1,2 juta wisatawan lokal telah datang ke Kaltim.

“Tiap bulan selalu ada agenda acara tarian di tiap daerah. Karena tiap bulan sudah diarahkan agar di kabupaten kota melakukan festival tari dan budaya. Kaltim ada 14 kabupaten kota plus satu tingkat provinsi, artinya dalam setahun ada 15 agenda acara festival budaya. Ini yang menjadi daya tarik di Kaltim, ada festival budaya sepanjang tahun. Selain Kaltim juga punya ratusan objek wisata,” kata Kunnum.

Di akhir tahun, Kunnum juga menyebut akan diadakan festival tari jepen tingkat internasional di mana Kaltim menjadi tuan rumah. Rencananya, festival tari jepen itu akan dilaksanakan di Nunukan dengan mengundang beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam. “Kami kira ini juga akan menambah datangnya wisatawan lokal dan luar negeri, terutama pecinta seni budaya ke Kaltim,” katanya.

Kendati demikian, Kunnum mengakui masih ada sejumlah kendala dalam promosi budaya di Kaltim. Yang paling vital, katanya, berhubungan dengan infrastruktur jalan. “Akses ke objek-objek wisata masih banyak yang rusak. Ini menjadi salah satu kendala. Infrastruktur memang harus mendukung promosi Kaltim sehingga dapat memancing para wisatawan lokal dan luar negeri berdatangan ke Kaltim,” katanya.(che/kpnn)

-

Arsip Blog

Recent Posts