Indonesia Surga Pegolf Dunia

Jakarta – Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik mengatakan Indonesia sangat potensial menjadi pusat wisata golf kelas dunia karena selama ini kerap dianggap sebagai surga pegolf dunia.

"Golf ini saya sebut sebagai rekreasi dan Indonesia mempunyai potensi yang besar untuk wisata golf," kata Wacik setelah acara pelepasan atlet golf ke Sea Games ke Laos di Jakarta, Minggu (6/12).

Ia mengatakan, Indonesia saat ini memiliki sebanyak 150 lapangan golf dan 50 di antaranya bertaraf dunia. "Taraf dunia ini dalam arti seluruhnya termasuk servis yang diberikan," katanya.

Lapangan golf kelas dunia di Indonesia, kata Wacik, telah didukung dengan layanan kelas satu mulai dari proshop hingga caddy yang terlatih. "Golf di Indonesia sudah siap melayani sejak pukul 06.00 pagi," katanya.

Menurut dia, Indonesia terbukti sebagai surga pegolf dunia khususnya bagi turis asal Korea, Jepang, dan Australia. Turis dari tiga negara itu terutama Korea menyempatkan diri melancong ke Indonesia untuk menikmati wisata golf.

Sejumlah lapangan golf kelas dunia yang menjadi favorit adalah Bali, Jakarta, dan Banten. "Wisatawan yang single trip atau datang sengaja untuk main golf ke Indonesia adalah turis asal Korea," katanya.

Ia menambahkan, dari 300.000 turis Korea yang datang ke Indonesia, sekitar 25 persen di antaranya berkunjung ke Bali untuk berwisata golf. "Golf selalu kami sertakan dalam promosi pariwisata selama ini," katanya.

Pihaknya juga berencana menyelenggarakan piala dunia golf mengulang kesuksesan serupa pada tahun 1983. Sampai saat ini rutin tiap tahun, Indonesia menyelenggarakan event golf kelas dunia mulai dari Indonesia, Pertamina Open, hingga Ladies Open. (Ant/Ol-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts