KA Wisata Padang-Pariaman Kembali Beroperasi

Padang, Sumatera Barat - Kereta api wisata rute Padang-Pariaman akan beroperasi kembali mulai Selasa (8/12), setelah berhenti melayani penumpang sejak gempa bumi melanda Sumatra Barat (Sumbar) pada 30 September lalu.

"Senin ini KA jalur ini kami uji cobakan. Besok, kembali akan dioperasikan seperti biasa," kata Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre II Sumbar Syafrial Romeo di Padang, Senin (7/12).

KA wisata Padang-Pariaman sempat tidak beroperasi karena rel KA turun sepanjang dua meter di KM 43, tepatnya di Sintuk, Padangpariaman, akibat gempa tersebut.

Kondisi itu mengakibatkan KA wisata tidak bisa mengangkut wisatawan dari Padang ke Kota Pariaman sejak peristiwa gempa dua bulan lalu.

Menurut Syafrial, pengoperasian kembali KA wisata tersebut didasari permintaan masyarakat yang ingin menikmati jasa layanan KA.

KA wisata tersebut, kata dia, memiliki lima gerbong dan melayani penumpang empat kali sehari, yakni pagi dari Padang pukul 06.00 WIB, dari Pariaman pukul 08.30, pukul 14.00 dari Padang dan pada pukul 16.10 dari Pariaman. Harga karcis untuk satu kali perjalanan adalah Rp2.500.

Dengan aktifnya KA Wisata Padang-Pariaman, kata Syafrial, berarti lima jalur KA di Sumbar beroperasi normal kembali.

Akibat gempa, rute KA Padang-Padangpanjang juga tidak beroperasi karena rel tertimbun longsor di beberapa titik. Longsoran itu terjadi di kawasan Lembah Anai, Padangpanjang di KM 68, KM 70, dan KM 73.

Sementara itu, rute Padangpanjang-Muaro Kelaban, dan Sawahlunto-Muaro Kelaban tidak terganggu akibat gempa. Demikian pula rute Padang-Lubukalung, kata Syafrial, baru dibuka sejak 2 November 2009.(Ant/Ol-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts