Pemudik Butuh Info Wisata Jogja

Yogyakarta - Potensi pemudik Lebaran 2010 di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai wisatawan cukup besar sehingga perlu memperoleh informasi pariwisata yang memberi kemudahan untuk mengunjungi obyek wisata di daerah ini.

"Dengan demikian, wisatawan bisa mengetahui obyek wisata mana saja yang akan dikunjungi, sarana transportasi, dan akomodasi yang tersedia," kata Ketua Yayasan Widya Budaya Yogyakarta Widi Utaminingsih di Yogyakarta, Sabtu (28/8/2010).

Menurut dia, dengan adanya informasi pariwisata, wisatawan tidak perlu repot mencari informasi obyek wisata di daerah ini, terutama mereka yang baru pertama kali berkunjung ke DIY.

"Akses wisata DIY bisa berupa posko informasi pariwisata di tempat strategis seperti pintu gerbang masuk wilayah Yogyakarta, di antaranya pintu masuk Bandara Adisutjipto, Stasiun Tugu, Kantor Dinas Pariwisata," katanya, yang yayasannya memiliki perhatian pada studi pengembangan budaya dan pariwisata berbasis potensi lokal.

Menurut dia, setiap libur Lebaran, Yogyakarta "dibanjiri" wisatawan khususnya para pemudik dan wisatawan Lebaran sehingga diperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke provinsi ini saat Lebaran 2010 meningkat signifikan.

"Mereka terbanyak adalah pemudik yang mengunjungi kampung halamannya atau tempat kelahirannya dalam rangkaian silaturahmi dengan keluarga," katanya.

Ia mengatakan, wisatawan mudik tidak boleh diabaikan karena potensinya sangat besar. Mereka juga akan menyempatkan untuk mengunjungi obyek wisata di daerah setempat.

"Untuk itu, Dinas Pariwisata harus bisa memberikan informasi mengenai pariwisata kepada wisatawan Lebaran sehingga mereka tidak kesulitan saat akan mengunjungi obyek wisata," katanya.

Menurut dia, pemberian akses informasi pariwisata sebagai bentuk layanan wisatawan dari pemerintah daerah. "Dengan demikian, wisatawan akan merasa senang dengan kemudahan itu dan mereka akan merasa nyaman saat berada di Yogyakarta," kata Widi.

-

Arsip Blog

Recent Posts