Sanggar Tualang Tige Tampil di KSM Batam

Lingga, Kepulauan Riau - Sanggar Tualang Tige dari Kecamatan Singkep Barat menjadi utusan Kabupaten Lingga dalam Kenduri Seni Melayu (KSM) 2009 di Batam. Tarian Rantak Pengantin yang meraih juara pertama Rampai Seni Budaya Melayu (RSBM) 2009 ditampilkan sanggar ini, Sabtu (12/12) malam di Dataran Engku Putri, Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lingga, M Ishak mengatakan, keikutsertaan Sanggar Tualang Tige dalam even besar ini diharapkan juga menjadi promosi potensi Lingga. ”Ini penampilan pertama Tualang Tige di luar Lingga. Tapi mereka tampil cukup baik,” kata Ishak, kemarin.

Ishak menyebutkan, dengan keikutsertaan Sanggar Tualang Tige, Lingga sudah tiga kali berperan serta dalam KSM Batam. Sebelumnya, Lingga mengutus Sanggar Megad dan Sanggar Mega Cinta. ”Dalam berbagai even di Kepri, kita selalu mengirim utusan. Dalam KSM kali ini, kita utus Tualang Tige,” ujarnya.

KSM 2009 dibuka secara resmi, Sabtu (12/12) malam. Dalam KSM ditampilkan beragam tari khas Melayu dari beberapa kabupaten kota di Indonesia dan negara tetangga. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di Gedung Sumatra Promotion Centre, kali ini KSM diselenggarakan di Dataran Engku Putri.

Tema yang diambil dalam KSM 2009 adalah Keberagaman dalam Harmoni diikuti sejumlah sanggar dari beberapa kabupate/ kota di Indonesia antara lain Bintan, Lingga, Tulang Bawang dan Lampung.

Selain itu, sanggar kesenian dari Johor, Malaysia dan Singapura juga turut meramaikan KSM 2009. Penyelenggaraan KSM dibarengi dengan Batam Big Bazar di Ikan Daun Batam Centre dan Pameran Khazanah Melayu di Dataran Engku Putri.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Guntur Sakti mengatakan penyelenggaraan KSM 2009 dilakukan untuk menyambut Visit Batam Year 2010. ”Ini dalam rangka menyambut Visit Batam 2010 dan HUT ke-180 Kota Batam,” kata Guntur. (dea)

-

Arsip Blog

Recent Posts