Jumlah Wisman ke Sumut Naik

Medan, Sumatra Utara - Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumatra Utara (Sumut) meningkat 12.990 orang pada Oktober lalu, sehingga secara total kedatangan wisatawan ke daerah itu sudah sebanyak 131.929 orang.

"Dengan angka kunjungan sudah sebanyak 131.929 orang, Sumut optimistis bisa mencapai target kunjungan hingga akhir tahun ini sebanyak 175.000 orang," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut Hj Nurlisa Ginting, di Medan, Selasa (8/12).

Meski masih didominasi tamu asal Malaysia, kata dia, kunjungan dari negara lain seperti Jepang, Jerman, Korea Selatan, Taiwan dan bahkan Amerika Serikat terus bertumbuh dan itu menggembirakan Pemerintah Provinsi Sumut.

"Disbudpar bersama stakeholder (pemangku kepentingan) lainnya terus meningkatkan promosi agar tingkat kunjungan wisman terus meningkat dan pulih seperti era 1990-an dimana mencapai 500 ribuan," katanya.

Tahun depan, Disbudpar sendiri menargetkan bisa menggenjot jumlah kunjungan wisman sebanyak 200.000, setelah 2008 masih tercatat 151.000 orang.

China, kata dia, adalah salah satu sasaran Sumut untuk menjadi pemasok wisatawan diluar negara tradisional seperti Eropah yang juga sedang diupayakan dipulihkan.

Tahun depan Disbudpar Sumut merencanakan melakukan promosi objek wisata dan kebudayaan ke China sebanyak dua kali dari hanya satu kali tahun ini.

Kepala BPS Sumut Alimuddin Sidabalok mengakui, berdasarkan data, kunjungan terbanyak ke Sumut hingga tahun ini masih warga Malaysia dengan total hingga Oktober sebanyak 12.990 orang.

Setelah pada September turun sedikit dibandingkan Agustus, jumlah wisatawan Malaysia ke Sumut pada Oktober naik lagi menjadi 7.707 orang sehingga total Januari-Oktober jumlahnya mencapai 81.683 orang.

Dari tahun lalu yang masih sebanyak 64.872 orang, jumlah kunjungan wisatawan dari Malaysia tahun ini naik 25,91 persen. (Ant/OL-7)

-

Arsip Blog

Recent Posts