Bangun Lagi Budaya Sadar Wisata, Sapta Pesona

Jayapura, Papua - Masyarakat Provinsi Papua sebagai salah satu daerah tujuan wisata sudah saatnya membangun kembali budaya sadar wisata dan sapta pesona, kata seniman Papua Yakobus Degei.

"Itu sebagai kondisi ideal yang menunjukkan wujud kesiapan masyarakat menerima wisatawan yang datang ke Papua," katanya di Jayapura, Jumat.

Ia menjelaskan, kesadaran wisata harus dibangun sejak dari masing-masing individu sehingga pada akhirnya membentuk masyarakat maupun kelompok yang lebih besar lagi yang memiliki kepedulian dan kesadaran tinggi terhadap pembangunan pariwisata di lingkungannya.

Yakobus mengatakan, dalam upaya menyiapkan Papua khususnya Kota Jayapura sebagai daerah tujuan wisata yang ideal untuk wisatawan yang berkunjung, diperlukan pemahaman yang lebih baik tentang konsep sadar wisata di kalangan masyarakat daerah ini.

Untuk itu, masyarakat yang berada di lingkungan objek wisata menjadi sasaran pemberdayaan dan upaya peningkatan kesadaran terhadap pembangunan pariwisata sehingga saat menerima wisatawan yang berkunjung, mereka mampu melayani dengan baik dan menyenangkan.

Ia mencontohkan, Kota Jayapura yang memiliki potensi objek wisata yang beragam dari bangunan cagar budaya, desa wisata, pantai, pegunungan hingga seni dan budaya.

"Semua objek wisata tersebut perlu dijaga kelestariannya dan dikelola secara profesional agar dapat menarik wisatawan," papar Yakobus Degei.

Lebih lanjut pria yang terkenal dengan seni lukisnya itu mengatakan, dalam upaya menyosialisasikan gerakan sadar wisata diperlukan proses panjang. Namun dari proses tersebut diharapkan memperoleh hasil yang optimal.

Dalam hal ini, Yakobus juga berpesan kepada para pedagang kaki lima di lokasi objek wisata untuk berbenah diri membangun kesadaran moral menuju suksesnya program `Sapta Pesona` yang di dalamnya terkandung tentang kebersihan, kenyamanan, keindahan, aman dan memberikan kenangan manis bagi wisatawan.

"Dengan lingkungan yang bersih serta nyaman, otomatis akan menarik perhatian para wisatawan untuk berkunjung ke objek-objek wisata di Kota Jayapura dan sekitarnya," ujarnya. (MBK/K004)

-

Arsip Blog

Recent Posts