Presiden SBY Minta Duta Wisata Promosikan Indonesia

Ambon, Maluku - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta para duta wisata dari berbagai daerah yang mengikuti ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia ke mancanegara, agar jumlah kunjungan wisatawan mancanegara terus meningkat.

(Finroll) - "Ajang pemilihan Duta Wisata yang memasuki tahun keempat ini hendaknya menjadi semangat baru bagi para duta wisata untuk mempromosikan kekayaan pariwisata di tanah air," kata Presiden dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Ros Far-Far, pada Grand Final pemilihan Duta Wisata Indonesia 2009, di Ambon, Sabtu (5/12) malam.

Presiden menghimbau semua pihak untuk menggairahkan pengembangan seluruh potensi pariwisata di berbagai daerah sebagai salah satu pilar utama pembangunan bangsa dan negara, untuk menjaring sebanyak- banyaknya wisatawan berkunjung ke Indonesia.

Menurut Presiden, potensi pariwisata yang sangat besar di tanah air tidak berarti jika semua pihak tidak bekerja keras untuk mengembangkannya. "Pemerintah daerah harus bekerja keras dengan melibatkan semua komponen masyarakat untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimilikinya, agar menarik perhatian wisatawan mancanegara untuk mengunjunginya," ujar Presiden.

Presiden meminta program Departemen Kebudayaan dan Pariwisata "Kenali Negerimu, Cintai Negerimu" harus terus digelorakan dan menjadi bagian pergerakan bersama masyarakat untuk mempromosikan potensi pariwisata di setiap daerah secara global, agar semakin terkenal di mancanegara.

Presiden memberikan apresiasi khusus dan menganggap event pemilihan Duta Wisata Indonesia yang digelar Yayasan Duta Wisata Indonesia bekerjasama dengan Depbudpar dan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo), sangat penting untuk membangkitkan kecintaan generasi muda terhadap sektor pariwisata di tanah air.

"Ini wadah untuk menanamkan rasa cinta tanah air yang indah dan kaya akan keragaman budaya yang tak lekang dimakan usia dan terpatri dalam semboyan Bhineka Tunggal Ika kepada sejak dini kepada generasi muda sejak dini," katanya.

Dia berharap para duta wisata Indonesia dapat menunjukkan jati diri bangsa yang kaya akan nilai-nilai luhur serta ditunjang keramah- tamahan, agar bangsa dan negara semakin dikenal.

-

Arsip Blog

Recent Posts