Festival Bedug Ramaikan Tahun Baru Islam

Palembang, Sumatra Selatan - Festival bedug akan meramaikan peringatan tahun baru Islam atau 1 Muharam 1431 Hijriyah yang diselenggarakan Pemkot Palembang bekerjasama dengan Forum Umat Islam (FUI) Sumatra Selatan.

Kepala Bagian Humas Pemkot Palembang, Aminoto, di Palembang, Rabu mengatakan, peringatan tahun baru hijriyah kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diramaikan pawai mobil hias.

Tahun ini bukan hanya festival bedug yang memeriahkan peringatan tahun baru itu, tetapi juga diramaikan pawai ormas Islam se-Kota Palembang, katanya.

Menurut dia, festival beduk akan diselenggarakan di halaman Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera) pukul 15.00 WIB yang diikuti sebanyak 214 peserta dari perwakilan ormas Islam dan kelurahan di daerah tersebut.

“Festival bedug tersebut memukul bedug secara serentak dengan irama takbir yang dipastikan akan sangat menarik dan menghibur serta religius,” tambahnya.

Ia mengatakan, peringatan tahun baru Islam mesti sederhana diharapkan mampu memiliki arti yang mendalam bagi warga Kota Palembang terutama bagi umat Islam.

“Apalagi perayaan tahun baru hijriyah juga akan diramaikan pawai diikuti sekitar 10 ribu peserta yang bergerak dari Gedung Olahraga Palembang (GOR) melewati Jalan Kapten A Rivai, Jalan Sudirman menuju Jalan Merdeka di Monpera tepat seberang Mesjid Agung Palembang, lokasi penyelenggaraan festival bedug,” katanya.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut diharapkan juga menjadi momentum bagi wisatawan datang ke Kota Palembang guna mengikuti kegiatan wisata religi.

Karena selain pawai dan festival beduk juga akan dirangkai dengan kegiatan takbir akbar di Mesjid Agung Palembang dengan mendatangkan penceramah dari Turki, ujarnya.

Aminoto menambahkan, kegiatan ini dijadwalkan akan berlangsung setiap tahun sehingga kejayaan Kesultanan Palembang Darussalam sebagai bagian dari kejayaan Islam bangkit kembali.

“Dengan demikian umat Islam di Palembang akan semakin mengingat arti pentingnya tahun baru hijriyah,” tambah dia.(JY)

-

Arsip Blog

Recent Posts