Tana Toraja Diperkenalkan ke Bali

Denpasar, Bali - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Selatan berupaya memperkenalkan objek wisata Tana Toraja dan potensi lainnya lewat suatu pertemuan dengan kalangan pelaku pariwisata di Bali.

Ketua Asosiasi Perjalanan Asia Pasifik (PATA) Bali Nusa Tenggara Chapter Ratna N Soebrata mengatakan pertemuan yang digelar Senin (7/12) malam itu bertujuan untuk memperkenalkan daerah tujuan wisata Sulsel kepada pemangku kepentingan wisata di Bali.

"Pada kesempatan itu, Kepala Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Selawesi Selatan Safrudin, menjelasan bahwa kegiatan ini juga untuk lebih mendekatkan para pelaku pariwisata Sulawesi Selatan dengan Bali," katanya di Denpasar, Selasa (8/12).

Mengutip Safrudin, Rantepao di Tana Toraja akan memiliki bandar udara baru pada tahun 2010 yang bisa didarati oleh pesawat dengan kapasitas 60 tempat duduk. Pembukaan bandara itu diupayakan dapat melayani rute Denpasar - Rantepao - Denpasar.

Ia mengemukakan, Rantepao dengan museum hidupnya, yakni Tana Toraja secara tradisional biasa ditempuh dengan jalan darat selama enam hingga tujuh jam dari Makassar. Perjalanan tidak akan terasa penat karena wisatawan bisa berhenti di Bukit Nona untuk menikmati kopi khas Toraja dengan pemandangan yang amat cantik.

"Sebelum sampai di Bukit Nona, wisatawan bisa mampir ke Pare Pare untuk menikmati makanan ikan laut segar, yang terkenal dengan ikan dan udangnya," katanya.

Irham Ilyas selaku pimpinan dari Asita Sulawesi Selatan Chapter menambahkan bahwa di Sulawesi Selatan tersedia pemandu wisata dengan kemampuan beragam bahasa asing, seperti Jerman, Prancis, Inggris dan Mandarin.

"Sementara untuk pemandu wisata berbahasa Rusia masih harus didatangkan dari Bali," kata Ratna mengutip pernyataan Irham.

Menurut dia, kegiatan yang dikemas dalam acara Bali Gathering itu juga dihadiri Anggiat Sinaga, sebagai ketua PHRI Makassar. "Bali Gathering ini diharapkan bisa lebih mengeratkan hubungan antara Bali dan Makassar sehingga bisa terjalin kerja sama yang saling menguntungkan," kata Ratna. (Ant/Ol-5)

-

Arsip Blog

Recent Posts