Monumen Fisabilillah Akan Dibangun

Batam, Kepulauan Riau - Kantor Dinas Pariwisata Tanjung Pinang merencanakan membangun monumen Raja Haji Fisabilillah di pinggir pantai pada tahun 2010. Selain itu, Pemerintah Kota Tanjung Pinang juga merencanakan mereklamasi pinggir pantai di depan gedung daerah untuk pengembangan sektor pariwisata.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjung Pinang Abdul Kadir Ibrahim, Senin (7/12). ”Tahun 2010, direncanakan membangun monumen Raja Haji Fisabilillah di laut. Nanti juga dibangun jembatan yang menghubungkan pantai dengan monumen,” kata Abdul Kadir. Nilai pembangunan monumen itu diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar.

Raja Haji Fisabilillah merupakan seorang pahlawan yang memimpin perang Kerajaan Riau. Dalam perang Riau, Raja Haji Fisabilillah yang memimpin pasukan menembak kapal VOC yang bersandar di perairan Tanjung Pinang pada tanggal 6 Januari 1784. Peristiwa itu juga dijadikan hari jadi Kota Tanjung Pinang.

Selain itu, lanjut Abdul Kadir, tahun 2010, Pemerintah Kota Tanjung Pinang melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Tanjung Pinang akan mereklamasi pinggir pantai di depan gedung daerah untuk wisata kota. ”Lebar pinggiran pantai yang direklamasi sekitar 10 meter,” katanya.

Akan tetapi, Abdul Kadir belum dapat menyebutkan nilai pembangunan reklamasi pantai tersebut.

”Proyek itu akan dikerjakan oleh dinas pekerjaan umum. Pihak dinas pariwisata hanya mengusulkan rencana penataan tempatnya,” katanya.

Dengan adanya pembangunan monumen dan reklamasi pantai itu, masyarakat dan juga pendatang, khususnya wisatawan, diharapkan dapat merasa lebih nyaman menikmati Kota Tanjung Pinang. (FER)

-

Arsip Blog

Recent Posts