BBJ Gelar Pameran Seni Indramayu

Jakarta - Indramayu yang selama ini cukup dikenal sebagai daerah penghasil mangga, ternyata juga menyimpan potensi seni dan budaya yang luar biasa. Tradisi membatik, misalnya, sudah sejak ratusan tahun lalu. Juga ada tradisi boneka kayu wayang cepak, yang merupakan kekayaan tradisi yang tak kalah kuat dibanding dengan milik warga masyarakat lain.

Atas dasar itu, Bentara Budaya Jakarta bekerjasama dengan Kompas dan Pertamina RU-VI Balongan, menggelar Pameran Kerajinan dan Pementasan Seni Indramayu, Rabu (4/8/2010). "Pameran dibuka penyanyi Iis Dahlia, pukul 19.30 WIB," kata Pengelola Bentara Budaya Jakarta, Paulina Dinartisti, Selasa (2/8/2010) di Jakarta.

Paulina menjelaskan, kearifan, tata nilai, dan pandangan hidup dari pengalaman panjang masyarakat Indramayu yang dikenal sebagai kaum daratan sekaligus lautan itu muncul di dalam motif-motif batiknya, sebuah tradisi yang konon sudah berumur ratusan tahun. Karena itu, bagian penting dari ekspose kebudayaan Indramayu ini menempatkan batik tua maupun baru di sepanjang hari pameran, yang berasal dari tangan tokoh-tokoh batik dari daerah Paoman dan Sindang.

Di ruang pamer juga bakal dipajang boneka-boneka pipih wayang kulit dan boneka kayu wayang cepak, yang merupakan kekayaan tradisi yang tak kalah kuat dibanding dengan milik warga masyarakat lain. Kedok yang berfungsi sebagai bagian dari kostum. Tari Topeng, juga akan menjadi aksen penting pameran, menunjukkan kehidupan salah satu jenis seni pertunjukan yang memperkokoh gambaran seni budaya Indramayu.

"Pementasannya sendiri diselenggarakan di sebuah malam khusus di dalam pekan seni tersebut. Melengkapi itu semua ditampilkan juga sejumlah foto yang menunjukkan lanskap kawasan khas di pantai utara Jawa ini, maupun berbagai penanda penting Indramayu serta atmosfir kehidupan sehari-hari masyarakat pantai," tambah Paulina.

Mata acara yang lain di antaranya adalah workshop tari dan workshop kedok/ topeng. Jadwal lengkapnya sebagai berikut: Rabu, 4 Agustus 2010 pukul 19.30 WIB peresmian pameran oleh Iis Dahlia (penyanyi) danTari Topeng Mimi Rasinah & keluarga. Jumat, 6 Agustus 2010 pukul 19.30 WIB pementasan wayang golek cepak dalang Ki Ahmadi.

Sabtu, 7 Agustus 2010 pukul 14.00 workshop Tari Topeng bersama Sanggar Mulya Bhakti. Sabtu, 7 Agustus 2010 pukul 19.30 pementasan Tari Topeng bersama Sanggar Mulya Bhakti pimpinan Ibu Wangi Indriya.

-

Arsip Blog

Recent Posts