Pantai Trikora, Selalu Ramai di Akhir Pekan

Bintan, Kepri - Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Pantai ini sudah dikenal sebagai kawasan wisata tidak saja oleh warga yang menetap di Pulau Bintan. Keindahannya juga sudah sampai ke telinga penduduk dunia.

Pantai eksotik tersebut, setiap akhir pekan selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Untuk pengunjung lokal, tidak hanya dari wilayah Bintan dan Tanjungpinang saja, tapi dari Batam dan daerah Kepulauan Riau lainnya.

Faridon (45) misalnya. Ia datang bersama istri dan tiga orang anaknya dari Kota Batam. Menurutnya, keindahan pantai Trikora membuat mereka tertarik untuk berkunjung. Padahal, dari Batam hingga ke Pantai Trikora bukanlah perjalanan yang singkat. Dia harus melintasi Kota Tanjungpinang dulu setelah menyeberang dari Batam sebelum menuju Pantai Trikora.

"Selain pantainya yang indah dan bersih, banyak hal lain yang menyebabkan kita ingin selalu berkunjung kesini," ungkapnya saat dimintai tanggapan media ini, Minggu (25/10).

Menurut Faridon, dirinya belum lama mengetahui kepastian keindahan pantai Trikora. Ia hanya mendengar-dengar dari orang yang telah berkunjung.

"Katanya sih pantainya indah dan memiliki pasir putih yang bersih. Setelah melihat sendiri baru saya bisa merasakan keindahannya dibanding kawasan pantai wisata lain yang pernah saya kunjungi," ungkapnya.

Jumina, warga Kijang, Kecamatan Bintan Timur yang berwisata dengan anak dan cucunya, mengakui keindahan pantai Trikora. Selain itu, dengan desiran ombak yang lembut membuat mereka tidak takut berenang.

Dia mengakui, hampir setiap akhir pekan datang berkunjung ke pantai yang menjadi salah satu andalah wisata Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau tersebut.

"Karena dekat ditempuh dari Kijang, berwisata ke pantai Trikora menjadi murah meriah," ujarnya tersipu.

Memang, rata-rata para wisatawan datang, bukan sekedar hanya untuk menikmati keindahan pantai saja. Mereka juga ingin menyantap nikmatnya makanan laut yang disedikan para penjaja makanan.

Musim liburan, juga sering dimanfaatkan para pedagang di kawasan wisata tersebut untuk meraup rejeki. Bisnis sewa ban, pemondokan, tenda, penjual pakaian santai, penjaja makanan, hingga sewa kamar mandi yang menyediakan air bersih menjadi sumber income masyarakat sekitar.

Markus misalnya, mampu meraup ratusan ribu per hari saat musim liburan dari bisnis sewa ban dan tenda.

"Akhir pekan seperti ini adalah rejeki bagi kami karena ramainya pengunjung ke pantai Trikora," ungkapnya bersemangat. Tau

-

Arsip Blog

Recent Posts