Toyota Catat Penjualan Tertinggi di Juli

Jakarta - Toyota semakin sulit dikejar di pasar domestik. terlebih awal semester II-2010 dibuka dengan menorehkan penjualan ritel tertinggi, 27.699 unit atau naik 6,3 persen dari Juni. Dan secara akumulatif hingga bulan ketujuh, total penjualan mencapai 166.057 unit. Kenaikannya 64 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2009.

Meningkatnya pasar di Juli dipengaruhi dua hal. Pertama, kian dekatnya bulan puasa dan juga periode libur Lebaran yang akan jatuh pada September 2010. Banyak konsumen membeli mobil baru jauh hari untuk keperluan Lebaran. Kedua, adanya perhelatan akbar Indonesian International Motor Show (IIMS) ke-18 yang baru saja digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.

Dari total yang diraih Juli, sumbangsih terbesar masih dari Avanza dengan 14.020 unit, naik 6,1 persen dari Juni. Di belakangnya Innova dengan 5.455 unit (naik 12 persen). Totalnya, pasar MPV Toyota mengalami kenaikan 7,7 persen dibandingkan Juni lalu.

Avanza boleh yang tertinggi, tapi dari segi persentase, kelompok sedan penyumbang terbesar dengan 15,2 persen. Tertinggi disumbangkan Vios dan Limo dengan 1.407 unit atau naik 23 persen.

Sementara di kelas SUV, Fortuner menembus penjualan 1.018 unit, naik 4,4 persen dibandingkan Juni 2010. Dengan demikian, total pasar kendaraan penumpang Toyota membukukan 25.699 unit, naik 6,1 persen.

"Pencapaian besar pasar otomotif di awal semester II ini menunjukkan kinerja pasar otomotif di Tanah Air semakin positif. Untuk itu, kami berterima kasih atas kepercayaan pelanggan selama ini pada produk dan layanan jasa dari Toyota," ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, dalam rilisnya yang diterima Kompas.com, kemarin.

Apa yang diutarakan Johnny ada bukti konkretnya. Lihat hasil penjualan kendaraan komersial Toyota, truk Dyna, sepanjang Juli yang mencatat penjualan ritel 1.237 unit, naik 30,3 persen.

Selama berlangsung IIMS, produk Toyota telah terjual total 4.811 unit. Sama seperti di pasar nasional, tertinggi masih dipegang Avanza dengan 2.052 unit, diikuti Innova 1.087 unit, Yaris 555 unit, Fortuner 436 unit, dan Rush 338 unit.

"Semakin berkembangnya pasar otomotif, baik di kelas penumpang maupun komersial, hingga pertengahan tahun 2010 ini menjadi sinyal positif tumbuh dan berkembangnya industri dan perekonomian Tanah Air. Kami bangga dan bersyukur dapat ambil bagian dalam pertumbuhan positif industri otomotif Indonesia. Hal ini menjadi pendorong bagi kami untuk dapat terus memberikan produk dan layanan terbaik bagi para pelanggan di Tanah Air,” tutup Johnny Darmawan. (SBT)

-

Arsip Blog

Recent Posts