Kawasan Orchard Road Akan Dihadirkan di Jalan Satrio, Kuningan

Jakarta - Bagi yang menyukai wisata belanja, tidak perlu lagi jauh-jauh ke kawasan Orchard Road, Singapura, karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana untuk "menghadirkan" kawasan itu di Jakarta, tepatnya di daerah Jalan Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan.

"Di situ akan kita bangun area pusat perbelanjaan. Jadi penggal utamanya dari Jalan Rasuna Said sampai ke Jalan Sudirman. Itu akan dibuat tempat pejalan kaki yang nyaman, kemudian arus lalu-lintasnya juga akan kita atur sedemikian rupa sehingga bisa membuat nyaman," kata Gubernur DKI Fauzi Bowo saat memaparkan proyek tersebut kepada wartawan di Balaikota Jakarta, Selasa.

Lebih jauh, Pemprov telah melakukan kajian untuk melakukan pengalihan arus lalu lintas yang saat ini menyebabkan kemacetan parah di jalan tersebut di jam-jam tertentu.

Pengalihan dilakukan untuk membuat kawasan ini terasa nyaman bagi pusat-pusat perbelanjaan yang akan dibangun di sepanjang jalan itu.

"Masih perlu dikaji lebih lanjut arus lalu-lintasnya, apakah dialihkan atau dibuat `elevated` (melayang). Jadi dibuatkan jalan layang dari Terowongan Casablanca sampai ke Gedung Darmala, dekat Hotel Le Meridien," papar Gubernur.

Desain besar kawasan tersebut akan dibangun oleh Pemprov, sementara gedung-gedung dan pusat bisnis seperti retail, pusat perbelanjaan modern, perhotelan, dan properti akan diminta untuk menyesuaikan dengan cetak biru tersebut.

"Setiap yang minta ijin, kami minta disesuaikan. Sementara `grand pattern` akan dilakukan oleh Pemda," katanya.

Kawasan itu disebutnya akan dibuat nyaman untuk pejalan kaki dengan membangun trotoar yang lebar, selebar delapan hingga 10 meter, tergantung pada kondisi lahan.

Selain itu, daerah Jl. Satrio itu akan dijadikan daerah ritel besar membuka cabang mereka.

"Ritel besar saat ini tidak boleh didirikan di Kuningan dan Sudirman. Jadi yang sudah kebablasan di Plasa Semanggi itu membuat jalan macet. Tetapi di jalan Satrio ini kita buat kemungkinan adanya retail besar," kata Gubernur.

Sumber: www.antara.co.id (14 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts