Konferensi Sangha Agung Indonesia Usulkan agar Stupa Induk Candi Borobudur diberi Pembatas

Jakarta - Konferensi Sangha Agung Indonesia (KASI) mengusulkan agar stupa induk di Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah dilindungi pembatas sehingga tidak bisa dijangkau pengunjung.

"Pak Wapres Jusuf Kalla menyambut usulan tersebut, tinggal bagaimana pelaksanaannya. Nanti dibicarakan dengan Dirjen Purbakala Depbudpar dan pengelola Wisata Taman Wisata Borobudur," kata Ketua Panitia Pelaksana Peringatan Waisak 2552 Nasional KASI Aria Chandra usai bertemu Wapres di Jakarta, Kamis (15/5).

Menurut Aria saat ini pengunjung masih leluasa memanjat stupa induk dan berfoto di atasnya. Pengumuman larangan memanjat sudah dipasang dengan papan yang berisi tulisan larangan dan pengumuman lewat loudspeaker. Namun upaya tersebut tidak efektif. "Mungkin dengan cara diberi dinding atau pintu," katanya.

Sementara itu dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Borobudur, pemerintah Indonesia dan Kamboja saat ini tengah menjajaki kerjasama promosi, pembuatan paket wisata religi, dan meningkatkan aksesibilitas penerbangan Siem Reap-Yogyakarta.

Sebelumnya jalinan kerjasama telah dilakukan dengan membentuk sister temple province (provinsi candi kembar) antara Provinsi Jawa Tengah dengan Provinsi Siem Reap Kamboja.

Sumber: www.budpar.go.id (15 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts