Padangbai Festival Topang VIY 2008

Denpasar - Padangbai Festival di Kabupaten Karangasem, Bali, yang diselenggarakan untuk kedua kalinya, 23-31 Mei mendatang, sekaligus sebagai penopang tahun kunjungan (Visit Indonesia Year/VIY) 2008.

Panitia Padangbai Festival, Putu Yudha Suparsana di Amlapura, ibu kota Kabupaten Karangasem, Kamis mengatakan, kegiatan kali ini untuk memperkuat dan pencitraan kepariwisataan Bali serta sebagai upaya untuk menopang target kunjungan ke Indonesia sebanyak tujuh juta wisman.

"Festival itu kami kemas secara semarak dengan menonjolkan ciri khas dari masing-masing peserta. Akan berbeda dari festival yang digelar dua tahun lalu," katanya usai rapat pemantapan kegiatan dengan Wakil Bupati Karangasem, I Gusti Lanang Rai beserta jajarannya.

Menurut Yudha, rangkaian kegiatan diawali dengan lomba penjor hias, pawai budaya, lomba gong baleganjur serta pentas joged bungbung dan lomba ngibing (menari).

"Untuk lomba memasak dan pentas kesenian gebug seraya, wayang kulit serta lomba busana khas Karangasem diselenggarakan di Hotel Rama," ucapnya.

Sedangkan pada 27 Mei digelar lomba jukung (perahu tradisional). Sementara pentas Angklung Kebyar Mebarung sebagai langkah persiapan menyongsong penyelenggaraan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-30.

Wakil Bupati Karangasem I Gusti Lanang Rai mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya untuk mendorong kepariwisataan daerahnya agar bangkit dari imbas keterpurukan yang melanda Bali.

"Kami yakin suguhan paket kegiatan itu memiliki makna penting dalam menarik kunjungan wisatawan ke Bali," katanya.

Padangbai Festival diharapkan juga menjadi wadah untuk membina dan mengemas atraksi seni budaya sekaligus melestarikan aset warisan leluhur.

Sumber: www.mediaindonesia.com (15 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts