Bendungan Air Menjunto Irigasi dan Objek Wisata

Bengkulu - Bendungan Air Manjunto yang terletak di Desa Lubuk Pinang, Kabupaten Muko Muko merupakan bendungan irigasi, sumber air bagi 7.500 hektere sawah dan juga menjadi objek wisata di daerah itu.

"Bendungan irigasi itu sangat bagus, karena itu ditetapkan sebagai salah satu objek wisata dan selama memang cukup banyak dikunjungi wisatawan," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Edi Nevian ketika dikonfirmasi, Minggu.

Para wisawatan yang datang ke lokasi itu, selain bisa melihat megahnya bangunan irigasi yang telah menghabiskan anggaran sekitar Rp60 miliar, juga bisa menikmati keindahan panorma alam di sekililingnya.

Di sekitar kawasan tersebut, terdapat 7.500 hektare areal persawahan serta ribuah hektare perkebunan sawit milik warga yang sebagian besar warga transmigran dari Kedung Ombo itu.

Guna memudahkan wisatawan, telah dibangun jalan beraspal ke lokasi tersebut, kata Edi Nevian.

Jarak dari Bandara Fatmawati, Kota Bengkulu ke objek wisata tersebut sekitar 300 KM dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat.

Di Provinsi Bengkulu, terdapat 80 objek wisata yang terindentifikasi dan memiliki kekhasan. Dari jumlah itu sebanyak 14 di antaranya merupakan pantai, delapan tirta (air), 22 tempat bersejarah dan 36 panorama alam.

Sumber: www.mediaindonesia.com (20 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts