Objek Wisata Puncak Lawang Minim Fasilitas

Padang - Kawasan objek wisata unggulan Puncak Lawang, terdapat di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dinilai masih minim fasilitas terutama hotel dan restoran, sehingga mengurangi kenyamanan pengunjung yang berwisata pada lokasi take off olahraga dirgantara paralayang yang sudah cukup terkenal itu.

Informasi yang dihimpun di Kabupaten Agam, Jumat, pada objek wisata itu hanya terdapat sejumlah unit warung kecil yang menjual aneka makanan ringan.

Sementara itu, warung makanan dan minuman yang cukup representatif hampir tidak ada sama sekali, sehingga cukup menyulitkan wisatawan yang ingin menikmati keindahan objek wisata itu sambil menikmati aneka hidangan khas Kabupaten Agam.

Puncak Lawang, satu lokasi terbaik untuk take off penikmat olahraga paralayang, yang berada pada ketinggian sekitar 1.200 meter dari permukaan laut memiliki pemandangan indah yakni hijau pegunungan dan birunya air Danau Maninjau.

Lokasi tersebut sangat menarik minat wisatawan mancanegara dan domestik untuk berkunjung. Bagi penikmat olahraga paralayang itu, adanya turbolance akibat pemanasan air Danau Maninjau membuat para penerbang itu berada lebih lama di udara.

Terkait minimnya fasilitas di objek wisata unggulan itu, Bupati Agam Aristo Munandar, menyebutkan, Pemda Agam secara bertahap akan membenahi fasilitas objek wisata itu, di antaranya dengan membangun warung makan tradisional representatif.

Warung tersebut dibangun guna mendukung pengembangan wisata kuliner di Kabupaten Agam.

"Kita coba kembangkan wisata kuliner pada lokasi tersebut, guna semakin banyak kunjungan wisatawan ke daerah itu, karena Agam juga terkenal banyak memiliki makanan dengan citarasa yang khas," katanya.

Sementara itu, untuk pembangunan hotel pada lokasi berhawa sejuk itu, sedang dicoba menawarkan pada investor di Jakarta dan daerah lainnya.

"Kita akan berikan kemudahan bagi investor tersebut untuk membangun hotel terutama kemudahan untuk mendapatkan fasilitas tanah," katanya. (Ant/OL-03)

Sumber: www.mediaindonesia.com (17 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts