Masyarakat Praha `Enjoy Indonesia`

Praha - Enjoy Indonesia, tema yang diangkat KBRI Praha dalam mempromosikan Indonesia kali ini. Bertepatan dengan Peringatan 50 tahun Persahabatan Indonesia-Ceko, KBRI Praha mengusung rombongan Sangrina Bunda pimpinan Elly Kasim dan artis senior Titik Puspa menampilkan keindahan Indonesia bagi masyarakat Ceko.

Setelah suskes tampil di Kota Ceske Budejovice sebelumnya, pada Rabu 21 Mei 2008 malam, tim kesenian tersebut berhasil memukau masyarakat Praha, Ceko. Gedung Divadlo ABC terisi penuh, bahkan penonton banyak yang rela berdiri meski tambahan kursi sudah diberikan.

Keindahan Indonesia ditampilkan melalui berbagai tari yang sangat atraktif. Diawali Tari Piring dari Sumatra Barat yang memukau ketika salah satu penarinya menari di atas pecahan kaca. Para penonton terus dihibur dengan keindahan tari Bajidor Tanjung, Dayakan, dan Galenyek Galuah. Tidak ketinggalan ditampilkan pula tari Saman yang sangat mengandalkan konsentrasi dan kekompakan seluruh penari. Berkali kali para penonton bertepuk tangan mengagumi indahnya tarian dari Aceh itu. Keramahan rakyat Indonesia makin terasa ketika para penari mengajak penonton ikut menari di panggung.

Acara yang dibuka oleh Azis Nurwahyudi, Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Praha, dipandu oleh Jana Vozabova, mantan penerima Beasiswa Darmasiswa. Setiap pergantian berjalan lancar karena dijelaskan dalam tiga bahasa, yaitu Indonesia, Inggris dan Ceko. Para penonton yang datang dari berbagai kalangan termasuk para duta besar negara-negara sahabat, pengusaha, pejabat, dan artis-artis Ceko juga terhibur dengan penampilan penyanyi gaek Titik Puspa dengan lagu Warung Pojok dan Bengawan Solo, serta Elly Kasim yang menyanyi lagu Ayam Den Lapeh. Mereka berdua juga secara interaktif mengajak para pengunjung menikmati Indonesia secara langsung dengan datang ke Indonesia.

Ajakan tersebut dilengkapi dengan hadiah menarik yaitu sebuah tiket ke Indonesia dengan China Air karena acara ini juga didukung oleh ESO Travel, sebuah travel biro terbesar di Ceko. Selain itu para penonton yang beruntung juga mendapat berbagai bingkisan kenang-kenangan dari KBRI Praha.

Operet Malin Kundang yang malam itu diperankan oleh Titik Puspa, Derry Drajat dan Ryan Prakasha serta seluruh tim menjadi acara penutup. Selama dua setengah jam semua berdecak kagum oleh indahnya budaya Indonesia yang mereka tampilkan.

Acara malam itu diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan oleh Duta Besar RI untuk Ceko, Salim Said, dan karangan bunga dari Ibu Herawaty Salim Said. Tidak lupa para penonton juga diajak menikmati makanan kecil khas Indonesia seperti kacang bawang, wingko babat dan pastel.

Sumber: www.deplu.go.id (23 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts