PON, Promosikan Wisata

Tanjung Redeb, Kalimantan Timur – Pekan Olahraga Nasional (PON) tinggal 33 hari lagi. Ini membuat tuan rumah makin sibuk. Bagi Bupati Makmur, momen PON hendaknya dijadikan sebagai sarana menjual berbagai potensi wisata di daerah. Karena itu, Dinas Pariwisata maupun operator wisata diharapkan bekerja keras memperkenalkan potensi wisata, khususnya wisata bahari.

Bupati menegaskan hal itu, melihat beberapa alat peraga wisata yang akan ditempatkan di beberapa tempat strategis. Mulai Bandara Kalimarau hingga tempat yang menjadi pusat kunjungan warga. Ia berharap, bukan hanya Dinas Pariwisata yang aktif. Upaya tersebut juga diharapkan muncul dari pengelola hotel dan penginapan untuk memasyarakatkan potensi wisata Berau.

Selain alat peraga, bupati mengharapkan pengunjung yang datang ke Berau, baik dalam kapasitas sebagai atlet maupun ofisial serta sebagai penggembira, juga diberikan informasi bagaimana mendapatkan angkutan ke lokasi wisata tersebut.

”Jangan sampai ada atlet maupun pengunjung yang ingin ke Derawan, justru bingung mencari angkutan,” kata Makmur.

Dinas Pariwisata diharapkan membuat paket wisata khusus bagi atlet dan ofisial, terutama saat atlet tidak mengikuti pertandingan. Baik dalam bentuk kegiatan City Tour ataupun bentuk pertunjukan wisata lainnya, khususnya di Pulau Derawan dan Tanjung Batu.

Pada PON nanti, tak kurang 500 atlet akan berkumpul di Pulau Derawan, belum termasuk di Tanjung Batu maupun Tanjung Redeb dan Mangkajang. Tujuan atlet tentu bukan sekadar bertanding dan meraih medali. Mereka tentu juga ingin banyak tahu tentang daerah dengan berbagai bentuk kesenian maupun cenderamata untuk dibawa pulang. Ini jadi nilai tambah bagi daerah dalam memperkenalan berbagai potensi wisata yang dimiliki. (mps)

Sumber: www.kaltimpost.web.id (4 Juni 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts