Pemkab Pasaman Benahi Pemandian Air Panas Rimbo Panti

Padang - Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumbar, mengalokasikan dana Rp2 miliar untuk membenahi pemandian air panas di kawasan objek wisata Rimbo Panti satu cagar alam terkemuka pada daerah kaya hutan lindung itu.

"Dana tersebut dialokasikan untuk membenahi sejumlah fasilitas wisata pada kawasan pemandian air panas itu," kata Humas Kabupaten Pasaman, Hermanto, di Pasaman, Minggu (18/5).

Rimbo Panti, satu kawasan cagar alam, berupa kawasan hutan yang masih perawan dengan segala ekosistem terdapat di dalamnya. Pada lokasi wisata tersebut juga terdapat satu kolam pemandian air panas yang cukup ramai dikunjungi masyarakat.

Lokasi objek wisata ini terdapat pada kiri dan kanan jalan raya Bukittinggi menuju Kota Medan Sumut.

Pada kawasan cagar alam ini terdapat fauna yang dilindungi seperti harimau sumatra, burung madu (Helarctos malayanus), siamang, rusa, bangsa burung. Sejumlah warga yang berkunjung ke kawasan pemandian air panas rimbo panti tersebut di antaranya berasal dari daerah kabupaten/kota di Sumbar, serta provinsi tetangga seperti Riau, Jambi, Sumut, dan Jakarta.

Pemda Kabupaten Pasaman kini terus berupaya membenahi objek wisata alam tersebut yang luasnya mencapai 65 hektare. "Secara keseluruhan dari kawasan cagar alam itu tiga hektar di antaranya telah didesain menjadi objek wisata unggulan Pasaman," katanya.

Dia menyebutkan, pembenahan tersebut di antaranya melengkapi sejumlah fasilitas wisata di daerah itu, toilet, tempat berjualan. "Kita usahakan pembenahan objek wisata itu bisa dirampungkan tahun 2008, sehingga lokasi ini menjadi satu objek wisata unggulan di Pasaman," katanya.

Sumber: www.mediaindonesia.com (19 Mei 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts