Tingkatkan Citra Pariwisata dengan Promosi

Putussibau, Kalbar - Promosi Pariwisata selain bertujuan mengenalkan objek wisata yang ada kepada wisatawan, juga untuk meningkatkan citra pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu sebagai destinasi pariwisata yang bisa diandalkan.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Frans Leonardus pada saat berkunjung ke Sri Aman, meskipun Kapuas Hulu sudah cukup dikenal sebagai destinasi (tujuan) wisata yang boleh diandalkan, namun promosi pariwisata harus tetap dilakukan dan ditingkatkan guna menarik minat wisatawan mengunjungi daerah ini.

“Tanpa ada promosi, Kabupaten Kapuas Hulu sebagai tujuan wisata bisa ditinggalkan dan dilupakan. Apalagi daerah tujuan wisata lain di Kalbar sedang berupaya menggencarkan promosinya di dalam maupun di luar negeri. Terlebih lagi saat ini dalam rangka menyukseskan Visit Kalbar,” katanya.

Dia juga mengatakan promosi pariwisata tidak semestinya hanya dilakukan pemerintah, akan tetapi hendaknya juga diprakarsai seluruh stakeholder yang berkepentingan dengan kepariwisataan di daerah ini.

“Promosi sangat membantu peningkatan citra pariwisata daerah ini, dan diharapkan mampu mengundang wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan nusantara (wisnus) untuk mengunjungi Kapuas Hulu,” ujarnya.

Adus, sapaan akrabnya, mengharapkan, selanjutnya kita (Pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kapuas Hulu) dan para pelaku usaha jasa pariwisata yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu ini optimis, bahwa kunjungan wisatawan di Kabupaten Kapuas Hulu akan semakin meningkat di masa mendatang. Apalagi Kabupaten Kapuas Hulu dikenal sebagai wilayah yang aman dan nyaman.

“Terlebih Kapuas Hulu memiliki dua taman nasional dan kebudayaan terlengkap,” jelasnya.

Dia menambahkan wisatawan mancanegara masih tertarik dengan objek wisata yang unik, memiliki nilai tradisional, dan budaya. Seperti yang masih bertahan dan hidup di tengah masyarakat daerah ini. Kabupaten Kapuas Hulu memiliki ragam seni dan budaya lokal yang menjadi potensi pariwisata. Oleh karena itu perlu optimalisasi objek wisata agar memberi daya tarik kepada wisman yang berkunjung ke daerah ini.

“Kemudian pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kapuas Hulu dan para pelaku kepentingan pariwisata lainnya, perlu meningkatkan promosi, baik di saat kunjungan sepi maupun ramai, sehingga objek wisata yang ada bisa lebih dikenal,” tukasnya.

-

Arsip Blog

Recent Posts