Pantai Holtekam Papua Jadi Objek Wisata Andalan

Jayapura- Pantai Holtekam yang terbentang sampai Kampung Skouw Yambe, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Provinsi Papua berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG) akan dijadikan salah satu objek wisata andalan di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Wakil Gubernur Papua, Aleks Hesegem,SE di Jayapura, Kamis mengemukakan, sebuah tim terpadu yang dikoordinir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Papua Ir.Elly Weror telah memantau lokasi pantai Holtekam.

Sampai saat ini pantai itu belum dikelola menjadi salah satu objek wisata andalan yang memberikan manfaat kepada masyarakat setempat maupun sumber pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Wagub Hesegem, pemerintah menyediakan dana yang berasal dari berbagai sumber untuk penataan pantai Holtekam guna dijadikan arena olahraga air yang menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

"Pemprov akan terus mendorong Dinas Pariwisata Papua dan Pemerintah Kota Jayapura untuk menata pantai Holtekam agar kelak memberikan manfaat langsung kepada masyarakat setempat," kata Hesegem.

Dikatakannya, tempat rekreasi dan istirahat berupa pondok-pondok wisata yang dibangun bermotif asli suku-suku di Papua terutama penduduk asli Kota Jayapura.

Peraturan Daerah (Perda) yang akan mengatur penataan Pantai Holtekam dikhususkan bagi penduduk asli yang mengelola salah satu pantai terindah di KTI yang terletak di perbatasan RI dan PNG itu.

Untuk mencapai lokasi pantai Holtekam wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua dengan lama perjalanan sekitar 30 menit arah Timur Kota Jayapura.

Sumber: www.antara.co.id (18 September 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts