Pesta Danau Toba 2008 Diharapkan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Sumut

Simalungun - Stand Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan yang menyajikan sejumlah informasi objek wisata yang ada di Kota Medan di antaranya Istana Maimoon, Masjid Raya Al Manshun, Gereja Katedral serta informasi wisata kuliner lainnya ramai dikunjungi para pengunjung yang menghadiri Pesta Danau Toba Tahun 2008 di Parapat Kabupaten Simalungun.

"Saya sangat senang melihat stand Disbudpar Kota Medan sebab menampilkan seluruh informasi yang saya butuhkan sehingga kalau saya mau jalan-jalan ke Kota Medan tidak akan kesasar sebab di stand ini sudah cukup lengkap informasinya," ujar salah satu pengunjung Br Manurung kepada wartawan di sela-sela mengunjungi stand Disbudpar Kota Medan di Parapat Kabupaten Simalungun.

Br Manurung juga mengakui selama ini ketika berkunjung ke Medan hanya mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan serta pusat jajanan sedangkan tentang tempat bersejarah belum dikunjungi.

"Dengan adanya stand Disbudpar Kota Medan, banyak informasi yang dapat digali tentang lokasi pariwisata di Kota Medan bisa saya ketahui," tandasnya.

Upaya
Kadis Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan H Syarifuddin,SH ketika ditemui wartawan menjelaskan keberadaan standnya di Pesta Danau Toba Tahun 2008 ini merupakan salah satu upaya untuk menyemarakkan pelaksanaan program Visit Indonesian Year 2008 di mana Kota Medan merupakan kota transit bagi wisatawan domestik dan mancanegara yang akan berkunjung ke daerah wisata di Sumut.

"Pemko Medan di bawah pimpinan Walikota Medan H Abdillah dan Setdako H Afifuddin Lubis sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Pesta Danau Toba Tahun 2008, hal ini kita buktikan dengan peran serta dan andil kita dengan mengikut sertakan stand dan tim kesenian kita dalam pelaksaan acara ini," tandas Syafaruddin.

Syarifuddin ketika didampingi sejumlah staf, Ramlan, Maradolli Nasution, Kahidir juga mengungkapkan iklim pariwisata di Kota Medan saat ini pertumbuhannnya cukup baik.

Hal itu dibuktikan dan didukung dengan pertumbuhan hotel yang akan beroperasi pada Tahun 2008 dan awal Tahun 2009 mendatang di antaranya adalah Hotel JW Mariot, Cambridge Condomminium serta sejumlah hotel lainnya.

Meningkat
"Dengan pelaksanaan Pesta Danau Toba 2008 ini saya berharap tingkat kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara akan terus meningkat. Dengan demikian Kota Medan sebagai pintu gerbang siap menyambut kunjungan wisatawan untuk menuju lokasi pariwisata di Sumut juga dapat mengambil keuntungan dengan ramainya wisatawan yang menginap di Medan sebelum ke daerah tujuan wisata," tandas Syarifuddin.

Sebelumnya, pada pembukaan acara tersebut panitia menampilkan sejumlah tari-tarian dari sejumlah daerah di Sumut, termasuk dari Kota Medan.

Pemko Medan dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan menampilkan tari melayu "Ya Salam," binaan Kadisbudpar Kota Medan H Syarifuddin yang penampilannya cukup memukau penonton menghadiri acara tersebut termasuk Gubsu H Syamsul arifin dan Menteri Kehutanan yang juga Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang MS Kaban. (aru)

Sumber: www.analisadaily.com (17 Juli 2008)
-

Arsip Blog

Recent Posts